Kamis, 20 Juni 2013

     
Keindahan batu permata dari jaman dulu hingga hari ini sangat disanjung dan dihargai masyarakat bali. bahkan batu mulia/permata ini mampu membuat manusia di dunia berlomba-lomba untuk dapat memilikinya. bahkan mereka rela mempertaruhkan harta,harga diri,kehormatan bahkan nyawa nya untuk sebuah "batu" yang dianggap memiliki keindahan sempurna. berikut tercatat dalam  legenda masyarakat bali permata mautama yang pernah ada.

Permata Nawaratna
     Permata yang dapat mengeluarkan sembilan macam warna dalam sternya ini merupakan milik dinasti pangeran mas. keindahan permata ini didengar oleh raja kerajaan timbul/sukawati yang akhirnya ingin memilikinya. karena diminta dengan baik-baik tidak diberikan akhirnya dinasti pangeran mas diserbu sampai haancur. diduga permata ini akhirnya beralih ke puri gianyar melalui trik cantik politik kawin yang hampir saja menelan korban ribuan rakyat dan balatentara.

Mirah Brahmagni
     Sebuah permata mirah yang besarnya hampir sebesar telur ayam kampung ini merupakan anugerah dari bhatara di lempuyang yang diberikan kepada raja karangasem dan membuat kerajaan karangasem mampu memperluas kekuasaannya hingga ke lombok dan sumbawa. dalam legendanya permata ini mampu membuat air telaga menjadi merah dan membuat pemiliknya kebal dari segala macam senjata. walaupun mirah ini sempat dibeli oleh An ham sam kay dan membuat mirah ini dikenal dunia dengan harga tak ternilai.berita terakhir menyebutkan bahwa mirah brahmagni ini telah kembali pada sang pewaris tahta karangasem.

Permata Kresnadana
     Sebuah permata bangsing/black sapphire yang bernama kresnadana milik  kerajaan badung ini diyakini sebagai anugerah dari bhatara puncak mangu yang bahkan membuat  leluhur raja badung tahan panas lahar gunung agung ketika dengan sengaja masuk lelobang kawah lalu tembus dipura goa lawah dan akhirnya mendapat anugerah sebuah wilayah yang dinamakan badung.

Permata Ratnaraja dan Adiguna
      Permata ini diyakini telah membuat Dalem Waturenggong hingga keturunannya menjadi raja diraja di bali, memiliki kemasyuran yang bahkan membuat raja Belanda demikian menginginkannya. walaupun kini permata yang dimaksud telah hilang. untungnya kedua permata yang dimaksud tidak ditemukan belanda pada penyerangan yang sesungguhnya merupakan perampokan dan penjarahan istana klungkung saat runtuhnya. karena kedua permata ini ratnaraja dan adiguna diyakini sebagai permata milik bhatara di besakih dan batur yang tidak mungkin dapat dimiliki oleh manusia sembarangan.

Permata puri Blahbatuh
      tercatat dalam babad blahbatuh raja buleleng I gusti ngurah Panji Sakti meminta kepada putunya I gusti ngurah Jelantik sebentuk cincin.ada dua bentuk cincin yang bermata RATNA KASTUBA.satu diminta oleh beliau. sayang sekali permata ini tidak terdengar lagi kabarnya dan tidak dceritakan mengenai kasiatnya.sampai sekarang penulis belum pernah melihat permata mautama milik puri blahbatuh. kemungkinan masih disimpan dengan baik oleh lelingsir puri atau mungkin sudah tidak ada lagi.penulis berharap masih ada dan bisa dilestarikan untuk dilihat oleh generasi selanjutnya
 
Sumber : http://gungy.blogspot.com/

2 komentar:

  1. mantap blognya gan silahkan mampir ke http://saranahidup.blogspot.com trimakasih

    BalasHapus
  2. Titanium Art
    ‎Sugarboo's Classic ford fusion titanium 2019 Game titanium bar stock Details · titanium max trimmer ‎Sugarboo's Classic Game titanium wood stoves Details · ‎Sugarboo's Classic Game Details titanium white octane blueprint

    BalasHapus